SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA!!!!!!!!!!!!

Senin, 21 Januari 2013

Tips Menghemat Baterai Android

Tentunya sebagai pengguna Android pembaca merasa baterai cepat habis. Barangkali sehari cas sampai 2x. Hal ini memang wajar, mengingat kinereja Android yang selalu online. Nah, di sini penulis ingin berbagi pengalaman dengan memberikan beberapa tips-tips agar baterai Android bisa lebih awet. Hasilnya, bisa bertahan sampai 1 hingga 2 hari walaupun tetap menggunakan koneksi internet dan bahkan GPS. Berikut ini adalah beberapa tips yang saya dapatkan dari pengalaman. Semoga bermanfaat.


1. Flight Mode
Modus ini perlu kita aktifkan ketika kita tidur. Agar tidur kita berkualitas (tidak terganggu oleh dering HP) dan juga agar baterai hemat. Selain itu, ketika Anda berada di daerah dengan coverage sinyal yang buruk, sebaiknya modus ini juga diaktifkan. Kenapa? Karena ponsel akan terus menerus berusaha mencari sinyal ketika berada di daerah dengan sinyal yang tidak stabil, dan hal ini sangat menguras daya baterai. Begitu pula ketika kita sedang dalam kendaraan bergerak cepat (seperti kereta misalnya). Ponsel secara berkala akan mencari sinyal terus menerus karena perubahan posisi yang dilakukan. Dan untuk melakukan pencarian sinyal pada lokasi baru ini, tentu saja sangat menguras baterai. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengaktifkan Flight Mode ketika sedang berada dalam kereta atau kendaraan cepat lainnya.

2. Matikan Animasi
Semakin banyak animasi, maka semakin boros pula baterainya. Maka matikan saja animasinya, caranya:

Settings -> Display -> Animation : No Animation

3. Theme
Pilihlah theme yang gelap, baik untuk theme HP maupun theme aplikasi. Misal Twitter pakai TweakDeck, lalu matikan live wallpaper. Gunakan wallpaper yang gelap pula. Intinya kalau bisa semua tampilan di HP dominasi warna gelap.

4. Matikan Autorotate
Jika tidak terlalu sering digunakan, sebaiknya matikan saja. Aktifkan kembali jika memang ingin digunakan.
Settings -> Display -> [uncheck]Auto Rotate Screen

5. Matikan Auto Sync & Background data
Karena dengan aktifnya Auto Sync, maka semakin sering kita terhubung dengan internet. Untuk itu matikan saja.
Settings -> Accounts & sync -> [uncheck]Activate auto-sync dan Background data traffic

6. Aplikasi
Sebenarnya aplikasi "Auto Task Killer" maupun "battery saver" itu justru membuat baterai cepat boros. Apalagi jika aplikasi tersebut bekerja di background. Untuk itu ga perlu pakai kayak gitu, kalau memang mau pakai baterai saver pakai saja Juice Defender Ultimate (download lewat blapkmarket), karena dia hanya merubah settingan saja supaya baterai lebih awet.

7. Widget
Jangan kebanyakan "item" di homescreen Android. Apalagi ada clock widget, twitter, facebook. Jumlah homescreen juga mempengaruhi. Jadi gunakan saja widget seperlunya, batasi jumalah homescreen, saya rasa satu sudah cukup.

8. Jaringan
Gunakan 3G/HSDPA seperlunya saja, apalagi kalau EDGE saja sudah cukup. Caranya Settings -> Wireless & networks -> Mobile networks -> Network Mode -> GSM only

9. Launcher
Ganti launcher default dengan launcher yang sedikit modifikasi dan animasinya. Paling hemat Zeam Launcher, kalau mau yang bagus GO Launcher tapi boros baterai, atau pilih fake launcher seperti iLauncher, Xperia Home, HTC Sense. 

10. Brightness
Setting brightness paling rendah. Karena display android lah yang paling dominan dalam pengurasan baterai.
Settings -> Display -> Brightness

11. Screen Time Out
Ubah screen time out jadi 15 seconds aja cukup.
Settings -> Display -> Screen timeout

12. Nada Dering & Getar
Kalau lagi di rumah, nada dering volumenya secukupnya saja. Jangan terlalu keras. Matikan getarnya juga, karena ini akan menguras baterai. Kecuali jika memang getar dibutuhkan (sedang di jalan atau outdoor).

1 komentar: