SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA!!!!!!!!!!!!

Rabu, 12 Desember 2012

Warna-Warni Pelaku Hacking

Untuk sebagian orang awam, istilah hacking sendiri mungkin identik dengan pembobolan sistem, pencurian data di internet, yang selalu dihubung-hubungkan dengan apapun bentuk kejahatan-kejahatan dunia maya lainnya. Tampaknya persepsi tersebut tidak salah, namun tidak juga sepenuhnya benar.

 

Tulisan ini dibuat untuk menginformasikan tentang macam-macam hacker.


White Hacker
Hacker adalah pelaku hacking, dimana mereka mengutak-atik sistem komputer dengan tujuan tertentu. hacker sebenarnya dianggap sebagai tindakan positif apabila dilakukan dengan tujuan untuk mencari dan menemukan bug (celah-celah kemanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak) dari suatu produk aplikasi. Sehingga si pengembang produk aplikasi dapat dengan percaya diri meluncurkan atau merilis produk tersebut di pasaran berkat kinerja hacker. Bahkan pada tahun 1960-an, istilah hacker dipakai sebagai sebutan bagi orang-orang jenius di bidang komputer.

Black Hacker
Namun, apabila tujuan dari kegiatan mengutak-atik sistem komputer bertujuan untuk mencuri data, memodifikasi data atau aktivitas kriminal lainnya merupakan tindakan negatif dari hacker atau disebut dengan istilah cracker. Keberadaan cracker inilah yang perlu diwaspadai dan diantisipasi oleh banyak kalangan.

Gray Hacker
Sedangkan untuk istilah ini digunakan mereka yang tidak jelas dalam melakukan hacking (sebagian white sebagian black). Seperti contohnya, mereka berhasil membobol suatu situs tanpa izin tetapi tidak melakukan kegiatan kriminal apapun di dalamnya. biasanya mereka hanya meninggalkan identitas seperti hacked by Anas.

Blue Hacker
Sedangkan untuk istilah ini digunakan sebagai orang yang mengajarkan mengenai keamanan suatu sistem.

Sumber: Majalah Universitas Ma Chung Malang

0 komentar:

Posting Komentar